Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

-[Disabilitas dan Pandangan Masyarkat]

disabilitas dan pandangan masyarakat

Berbicara -disabilitas dan pandangan masyarakat- adalah topik yang akan ane tulis kali ini namun sebelum ane masuk ke dalam topik mohon izin dan perkenanankan ane buat ngucapin terima kasih kepada rekan-rekan di media online yang udah mau menampung segala kreativitas dari para penyandang disabilitas yaitu kartunet.com karena merekalah pada saat ini ane nyoba menulis tentang disabilitas dan cara pandang mata masyarakat yang sebelumnya ngga pernah kepikir ide buat menulis artikel kayak gini, oh iye sebelum mulai ane punya slogan nih "Salam kepedulian untuk bangsa indonesia". Semoga bangsa Indonesia makin peduli terhadap segala perbedaan yang ada di muka bumi.

Kalo  mendengar kalimat disabilitas?, apa yang ada dalam pikiran dan benak anda?, pastilah fisik ya kan, kalo fisik apa yang kalian bayangkan pastilah kekurangan, ketidak sempurnaan, orang yang kagak mampu berdiri sendiri, orang yang kagak bisa ngebanggain keluarga apalagi  Negara dan mungkin masih banyak lagi. 

Lalu benarkah semua yang kita pikirkan dan bayangkan tentang para penyandang disabilitas itu, kalo ane sih pernah punya pandangan kayak gitu tapi udah lama sekali saat ane masih duduk di bangku Sekolah dasar (SD), pada saat itu sering sekali ane dan kawan-kawan menertawakan dan mengejek kalo melihat orang yang memiliki kekurangan, namun seiring berjalannya waktu ane mulai menyadari akan prilaku ane yang kagak baik, saat masuk SMP ane memiliki kawan yang kebetulan punya kekurangan tersebut, nah saat itulah ane sadari bahwa mereka memiliki hal yang luar biasa yang belum tentu kita miliki dan justru pada saat itu malah ane yang merasa malu melihat semangat kawan ane dalam belajar dan olah raga bahkan dalam mata pelajaran kawan ane mendapatkan peringkat di kelas sungguh luar biasa dan semakin membuka cara pandang ane terhadap para penyandang disabilitas di seluruh dunia.

Dan kini kartunet.com (karya tuna netra) yang sangat dan  teramat peduli terhadap para penyandang disabilitas yang akan membuka mata hati sebagian masyarakat yang masih membeda-bedakan dalam kehidupan bermasyarakat, sungguh luar biasa situs ini karena sangat jarang sekali sebuah situs yang memberikan wadah kepada para penyandang disabilitas untuk berkarya dan yang terpenting adalah kartunet.com ini mau memberi  tahu kepada seluruh bangsa Indonesia bahkan kepada dunia untuk mengajak kita agar lebih peduli dan untuk menghapus perbedaan cara pandang terhadap para penyandang disabilitas. sekali lagi mari kita dukung dan berikan acungan jempol kepada para pendiri atau pencetus kartunet.com yang memiliki ide luar biasa yang sangat jarang sekali kita temukan.

Memang sampai saat ini masih banyak di sekitar kita yang menganggap para penyandang disabilitas adalah orang yang di pandang sebelah mata 'ane coret karena kagak setuju', orang yang harus di kasihani, orang yang selalu membutuhkan bantuan orang lain dan orang yang tidak dapat berkarya dan juga harus di jauhi lalu apakah masyarakat juga salah  kalo mereka memiliki  pandangan tersebut jawabannya adalah salah itu menurut ane loh karena ane juga pernah memiliki pandangan seperti itu terhadap para penyandang disabilitas sebelum ane sadar akan kesalahan ane, entah menurut kalian, akan tetapi kita juga kagak boleh langsung menyalahkan kebeberapa masyarakat atau golongan yang masih memiliki pandangan tersebut karena kita juga kan belum tahu dan belum mendengar alasan dari segelintir masyarakat kenapa mereka memiliki pandangan seperti itu dan apa yang menjadi penyebabnya, itu yang harus kita cari tahu di masyarakat, dan yang terpenting yang  harus kita lakukan adalah memberikan pengarahan kepada setiap masyarakat atau golongan agar lebih peduli terhadap para penyandang disabilitas karena mereka  juga memiliki hak yang sama di kehidupan  ini. selain masyarakat yang akan di berikan pengarahan, siapa lagi yang harus di berikan pengarahan?, jawabannya adalah orang tua atau keluarga,  kita juga harus memberikan pengarahan tersebut kepada orang tua atau keluarga dari penyandang disabilitas, kenapa orang tua atau keluarga  juga perlu diberikan pengarahan?, pasti kalian semua bertanya-tanya, jawabannya adalah  karena ada juga dari para orang tua atau keluarga para penyandang disabilitas itu yang membatasi ruang gerak di lingkungannya sehingga para panyandang disabilitas ini merasa di bedakan dan tidak boleh  untuk  berkarya di dalam kehidupan bermasyarakat sehingga timbullah pemikiran tersebut di kalangan masyarakat kita.


lalu bagaimana dengan perusahaan apakah mereka patut disalahkan apabila seorang disablitas melamar pekerjaan dan ditolak karena kondisi fisik yang diderita?

untuk yang satu ini saya tdak dapat berkomentar mungkin dari kalian ada yang punya komentar untuk pertanyaan ini, kalau saya sih serahkan kepada pemerintah bagaimana solusi terbaiknya, mungkin pemerintah harus membuka lapangan pekerjaan untuk para penyandang.

Nah untuk itulah saat ini telah hadir sebuah wadah yang peduli terhadap para panyandang disabilitas yaitu kartunet.com. kebahagiaan pasti terpancar dari wajah para penyandang disabilitas kalo mereka mendengar atau mengetahui kabar ini. sekarang ini sebelum kartunet.com hadir  memang telah ada kepedulian dari negara dengan cara mengikut sertakan kepada para penyandang disabilitas untuk dapat turut serta di dalam berbagai event atau ajang  lomba tetapi sepertinya masih kurang, kenapa kurang?, ya karena hanya beberapa orang saja yang mendapatkan kesempatan itu sedangkan di negara kita  di bumi pertiwi ini ’bahasa ane kaya pejuang aja’ … masih banyak para penyandang disabilitas yang sebenarnya memiliki kelebihan yang tidak di miliki kita yang nondisabilitas tetapi tidak memiliki wadah untuk memperlihatkan karya-karya dari kreativitas yang di ciptakan mereka, dan bergembiralah kini kita yang peduli dan para penyandang disabilitas karena telah ada wadah  baru di dunia maya yang beralamat di www.kartunet.com,”kalo selesai baca ini langsung kunjungin tuh kartunet yah he he he”


Maka dari itu sekarang marilah kita semua bersama-sama menghilangkan pandangan yang kagak seharusnya kita simpan dan membudaya itu, mari kita hilangkan perbedaan itu, dan janganlah  jadikan pandangan dan perbedaan itu menghentikan creativitas para penyandang disabilitas karena kita semua sama di mata tuhan. Sudah saatnya kita rangkul mereka di dalam kehidupan bermasyarakat, berikan mereka semangat agar mereka pun dapat lebih menikmati arti dari kehidupan ini seperti kita yang nondisabilitas, sudah saatnya kita kembali ke manusia yang sesungguhnya yang memiliki perasaan dan kasih sayang terhadap sesama yang mungkin telah hilang dari dalam diri kita karena perubahan jaman dan kerasnya kehidupan.

[Disabilitas dan Pandangan Masyarkat]



Sebelum menutup artikel ini maka ane simpulkan bahwa :
Pandangan Masyarakat terhadap disabilitas adalah masih adanya pemikiran dari sebagian besar masyarakat yang memandang sebelah mata karena kekurangan dan perbedaan secara fisik terbukti kemarin (04/12) ane melihat berita di surabaya puluhan para penyandang disabilitas melakukan Demo kepada pemerintah setempat yang menyuarakan agar dihapusnya diskriminasi terhadap mereka, salah satu contoh mereka meminta persamaan hak atas penggunaan kendaraan bermotor di jalan raya.


namun ada kabar gembira juga untuk para penyandang disabilitas dari pemerintah yang beritanya telah ane publish silahkan dibaca

Dan Harapan kedepan terhadap kartunet adalah Perjuangkan terus Hak saudara-saudara kita Para disabilitas, Berikan Informasi Kepada seluruh Masyarakat umum bahwa para disabilitas juga memiliki potensi dan kemampuan seperti mereka yang Nondisabilitas, rangkul semua organisasi yang memiliki visi dan misi yang sama dengan kartunet.


selesai sudah pembahasan tentang Disabilitas dan Pandangan Masyarakat semoga masyarakat dapat memahami dan merubah cara pandang masyarakat terhadap para penyandang disabilitas.


untuk menyempurnakan artikel tentang -disabilitas dan pandangan masyarakat-, ane berikan salah satu bukti kelebihan yang di miliki penyandang disabilitas yang mampu berkarya di masyarakat

15 komentar:

Blog Bisnis Bersama mengatakan...

ikut peduli dong...

Hujan Info mengatakan...

Setiap kekurangan pasti ada kelebihan..
Optimis dan jangan menyerah..

Belajar Photoshop mengatakan...

cacat, sering dianggap sebagai warga masyarakat yang tidak produktif, tidak mampu.. padahal.. gag seperti itu juga :(

bond mengatakan...

memang ada yang masih beranggapan kalo penyandang disabilitas itu berbeda ya..? kasihan sekali kalau ada yang masih punya pandangan seperti itu. mulailah mencoba untuk belajar melihat segala sesuatu dari sisi cermin. pandanglah kekurangan sebagai kelebihan dan kelebihan sebagai kekurangan. mudah-mudahan kita termasuk golongan orang-orang yang bersyukur.

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat mengatakan...

Blognya ringan gan, salam kenal aja ane muslih21,, dan maju terus kontesnya

muslih21 mengatakan...

Informasi kontesnya makin mantap aja gan, seru-serun yuk di Curhat Pengalaman – Disabilitas dan Pandangan Masyarakat.

muslih21 mengatakan...

Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat Disabilitas dan Pandangan Masyarakat untuk sekarang ini?

Firman Way mengatakan...

tetap semangat yah,... :)

yadiebaroos mengatakan...

setuju pals, mari kita tetap saling menghargai diantara sesama makhluk ciptaan Tuhan

pinjal mengatakan...

benar sekali broo... Mereka juga sama seperti kita.. Sukses seonya

Spiritual mengatakan...

Disabilitas adalah rahmat bagi yang bersangkutan maupun bagi orang di sekitarnya.

Rahmat bagi yg bersangkutan karena dapat menjadi ujian bagi yang bersangkutan dalam meraih pahala dunia dan akherat...

Rahmat bagi orang yang di sekitarnya, dapat sebagai motivasi, karena tidak sedikit mereka yang memiliki disabilitas namun memiliki kemampuan dan kelebihan dibanding mereka yg secara fisik terlihat lebih sempurna..

muslih21 mengatakan...

Yuk rame-rame dukung kontes disabilitas di Indonesia biar meriah..disabilitas di Indonesia harus ditingkat, ditingkatkan apanya?? ditingkatkan akan kepedulian dan kasih sayang terhadap para disabilitas...
Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
Informasi Lengkap Online | Curhat Pengalamant

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat mengatakan...

Blognya makin rame aja gan, sukse untuk kontsnya, mari sama2 semangat, ane muviblogiztic

Vian mengatakan...

bersyukur atas apa yang di berikan oleh ALLAH dan selalu bertakwa....

Djack Ria mengatakan...

Ultrabook Notebook Tipis Murah Terbaik
Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah
social bookmark 2012

Poskan Komentar

bagaimana komentar anda tentang artikel ini...

komentar/pasang iklan disini dapat Backlink

Php forms powered by 123ContactForm.com | Report abuse

Artikel Populer

addthis